Yogyakarta (10/4/2014) Habis Pileg terbitlah UN, kiranya itulah kata
yang tepat menggambarkan perhatian media beberapa hari ke depan. Berikut
ini sepuluh perbedaan UN/UNPK tahun pelajaran 2012/2013 dan tahun
pelajaran 2013/2014, yang luput dari pemberitaan media.
No.
|
Aspek
|
TAHUN PELAJARAN
|
|
2012/2013
|
2013/2014
|
||
1.
|
Komposisi nilai sekolah | Komposisi nilai sekolah terdiri atas 40% nilai rata-rata rapor, dan 60% nilai ujian sekolah. | Komposisi nilai sekolah terdiri atas 70% nilai rata-rata rapor dan 30% nilai ujian sekolah. |
2.
|
Peran BSNP | Penyelenggara dan Pelaksana | Penyelenggara |
3.
|
Peran Perguruan Tinggi | Berperan dalam pelaksanaan & Pengawasan UN khusus untuk SMA/MA, SMK, Paket C, dan Paket C Kejuruan | Tidak berperan dalam pelaksanaan UN, tetapi berperan dalam Pengawasan UN SMA/MA, SMK, Paket C, dan Paket C Kejuruan ditingkatkan |
4.
|
Peran LPMP | Tidak terlibat dalam pelaksanaan/pengawasan UN | Dilibatkan dalam pengawasan UN SMP dan SMA sederajat |
5.
|
Pencetakan bahan UN | Dilaksanakan dengan sistem terpusat | Dilaksanakan dengan sistem regional |
6.
|
Jadwal UN SMA/M | Dilaksanakan dalam 4 (empat) hari dengan jumlah mata pelajaran 1-2-1-2 setiap hari. | Dilaksanakan dalam 3 (tiga) hari dengan dua mata pelajaran setiap hari. |
7.
|
Jadwal UN Paket C Tahap I | Dilaksanakan dalam 4 (empat) hari dengan jumlah mata pelajaran 2-2-2-1 setiap hari. | Dilaksanakan dalam 3 (tiga) hari dengan jumlah mata pelajaran 2-3-2 setiap hari. |
8.
|
Pemanfaatan hasil UN | Belum sepenuhnya dijadikan pertimbangan masuk PTN | Sepenuhnya dijadikan pertimbangan masuk PTN |
9.
|
UN SD/MI | Dilaksanakan oleh BSNP | Dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah dalam bentuk Ujian Sekolah/Madrasah |
10.
|
Jumlah Pengawas Satuan Pendidikan | Satu orang pengawas setiap satuan pendidikan | Jumlah pengawas satuan pendidikan dari peguruan tinggi atau LPMP diatur sebagai berikut: (a) Jumlah ruang UN: 1 s.d 4 ruang sebanyak satu orang (b)Jumlah ruang UN: 5 s.d 10 ruang sebanyak 2 orang (c) Jumlah ruang UN: > 10 ruang, sebanyak 3 orang. |
Adapun persamaannya adalah pada (1) kriteria kelulusan; (2) kisi-kisi soal; dan (3) jumlah paket soal.
Sumber: Badan Standar Nasional Pendidikan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar